19 Jan 2013

AIDS



AIDS

Penyakit ini sangat ditakuti oleh seluruh masyarakat dunia karena sangat berbahaya. AIDS (Aquired Immune Deficiency Syndrome) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunedeficiency Virus) yang menyerang system kekebalan tubuh (yaitu sistem pertahanan tubuh secara alami). Penyakit ini menyebabkan kurangnya kemampuan tubuh untuk menangkal infeksi dari berbagai bibit penyakit.
Virus HIV merupakan virus yang memiliki masa inkubasi yang lama, diperlukan waktu beberapa tahun untuk menjadi penyakit AIDS. Jika seseorang terkena penyakit AIDS kekebalan tubuh mereka akan menjadi lemah, maka penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh penderita. Oleh Karena itu kematian yang dialami oleh para penderita AIDS itu sendiri bukan hanya disebabkan oleh penyakit AIDS saja tetapi juga disebabkan oleh berbagai penyakit (komplikasi).
Penyakit AIDS ini diduga kuat berasal dari Afrika, karena jauh sebelum ditemukan penyakit AIDS di Afrika telah ditemukan kanker sarcoma kopsi dan sejenis pneumonia (penyakit darah) yang merupakan penyebab utama kasus kematian karena penyakit AIDS.

a. Gejala-Gejala:
Gejala-gejala yang sering muncul pada penyakit AIDS adalah sebagai berikut:
1. Banyak gejala umum, seperti pilek, batuk, flu dalam waktu yang lama.
2. Pembengkakan getah bening dileher, ketiak atau lipat paha.
3. Berat badan turun, berkeringat malam hari, demam, keletihan, diare, nafas pendek dan batuk-batuk.
4. Adanya bercak ungu di seluruh kulit.

b. Cara penularannya:
1. Melalui hubungan seksual secara langsung.
2. Melalui kontak darah dengan darah, misalnya saling bergantian jarum suntik atau menerima darah dari pendonor yang mengidap penyakit AIDS.
3. Ibu hamil yang positif HIV memungkinkan menularkan penyakitnya kepada bayinya.


c.  Cara pencegahannya:
1. Jauhkan hubungan seks yang beresiko tinggi terhadap penyakit AIDS.
2. Waspadai donor darah atau penggunaan jarum suntik secara bergantian.
3. Tolak penggunaan narkoba
4. menggunakan kondom bila melakukan hubungan seksual yang beresiko

d. Cara pengobatannya:
Sampai saat ini belum ditemukan pengobatannya secara pasti. Kalaupun ada itu baru dalam tahap eksperimen dalam rangka penelitian saja.

Tidak ada komentar: