14 Jan 2013

Bola Voli



BOLA VOLI

Permainan bola voli adalah olah raga beregu yang dimainkan oleh dua regu dalam tiap lapangan dan permainan dipisahkan oleh net. Dalam permainan ini setiap regu melewatkan bola secara teratur melalui net sampai bola  tersebut menyentuh lantai di daerah lawan dan mencegah agar bola yang dilewatkan tidak menyentuh lapangan sendiri. Posisi bola saat mulai  bermain berada pada pemain kanan sebelah belakang. Pemain tersebut melakukan servis kedaerah lapangan lawan dengan melalui net.
Masing-masing regu berhak memainkan bola sebanyak 3 kali pantulan. Dalam permainan bola voli hanya regu yang sedang melakukan servis mendapatkan satu angka. Satu angka dinyatakan menang jika lebih dahulu mendapatkan nilai 15 atau yang baru sistem rally point dengan nilai 25. Permainan dilakukan dengan tiga kali kemenangan atau dua kali kemenangan.
Permainan bola voli pertama kali ditemukan oleh William G Morgan pada sekolah pendidikan jasmani di Young Men Cristian Association (YMCA) di Massachusets, Amerika Serikat sebagai olah raga rekreasi di ruang tertutup. Permainan bola voli akhirnya ditiru di Eropa seperti England dan Spring Field. Pada tahun 1922 bola voli pertama kali dipertandingkan secara nasional di Amerika Serikat.
Bola voli dikenal oleh bangsa Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda. Setelah Indonesia merdeka, bekas angkatan perang Belanda bergabung dengan tentara nasional Indonesia dan ikut mempopulerkan permainan bola voli. Pada PON III tahun 1953, bola voli mulai dipertandingkan di Indonesia. Tanggal 22 Januari 1955 lahir organisasi persatuan bola voli seluruh Indonesia yang disingkat dengan PBVSI yang diketuai oleh W I Latumetea.

Sarana dan prasarana
Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Lapangan bola voli terbagi menjadi 2 bagian, masing-masing bagian lapangan permainan dibagi menjadi 3 daerah, yaitu daerah serang 3 meter dari net dan daerah pertahanan bagian belakang selebar 6 meter.
Alat atau perlengkapan dalam bola voli terdiri atas net dan tiangnya dan bola voli. Net atau jaring pada permainan bola voli berukuran lebar 90 cm. Tinggi net untuk pria adalah 2,43 m  dan untuk putri adalah 2,24 m. Bola yang digunakan terbuat dari kulit lunak dengan garis lingkaran 25-27 inci. Sedangkan beratnya antara 8-9 ons. Para pemain bola voli berputar searah jarum jam pada permulaan servis.


Teknik dasar dalam permainan bola voli antara lain:
1.     Teknik pasing atas
2.     Teknik pasing bawah
3.     Set up/ umpan
4.   Smash. Smash dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu normal smash, semi smash dan push smash.
5.   Servis. Servis dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan tenis servis, floating servis dan cekis.
6.   Block/bendung. Blocking dapat dilakukan dengan block tunggal dan block berkawan

Tidak ada komentar: