19 Jan 2013

Bulu Tangkis



Bulu Tangkis


Asal usul permainan bulu tangkis sampai saat ini belum jelas, pada abad ke-17 di daratan Eropa telah memulai permainan ini berdasarkan lukisan-lukisan zaman dahulu. Di Tiongkok juga ditemukan permainan yang mirip dengan bulu tangkis. Di Badminton, nama salah satu daerah di Inggris pada tahun 1873  telah dimainkan permainan bernama “Poona”I India. Dari sinilah asal-usul nama  Badminton. Di Inggris telah didirikan persatuan  bulu tangkis oleh Kol. Dolby.
Sesuai dengan perkembangan zaman, permainan bulu tangkis cepat berkembang di dataran Eropa. Kemudian didirikanlah “International Badminton Federation (IBF)” pada 5 Juli 1934 dan sebagai ketuanya adalah Sir George Thomas. Negara-negara anggota IBF saat itu adalah: Inggris, Denmark, Perancis, Irlandia, Nederland, Selandia Baru, Scothlandia dan Wales.
Kompetisi internasional baru dapat dilaksanakan pada 1949 dengan memperebutkan piala bergilir Sir Thomas (Thomas Cup) untuk beregu putra dan pertandingan dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Negara Melayu atau Malaysia saat itu berhasil merebut Piala Thomas.
Sedangkan untuk beregu putri baru dapat dilaksanakan pada 1957 memperebutkan piala bergilir Ny. Betty Uber (Uber Cup) yang juga diadakan setiap tiga tahun sekali. Peraih piala Uber pertama kali adalah Amerika Serikat.
Perkembangan bulu tangkis di Indonesia seiring dengan revolusi, di Jakarta berdiri perkumpulan bulu tangkis yang dinamakan PORI (Persatuan Olah Raga Seluruh Indonesia). Wadah bulu tangkis dan PORI terletak di Yogyakarta. Pada zaman penjajahan Belanda persatuan bulu tangkis Indonesia bernama BBL (Bataviache Badminton Leagie) kemudian dilebur menjadi BBU (Bataviache Badminton Unie). Keanggotaan BBU terdiri dari  keturunan etnis Tionghoa yang mempunyai kesadaran nasional. Mereka berusaha mengganti nama BBU menjadi PERBAD ( Persatuan Badminton Djakarta).
Pada 1949 PERBAD berfungsi dengan tokoh-tokoh perbulutangkisan Indonesia, antara lain: Sudirman (Ketua PORI bagian Bulu Tangkis), Tjoa Seng Tiang (Ketua PERBAD), Liem Soe Liong E, Sumantri, Ramli Rikin, Ang Bok Suk, Luiouw Djie Ho dan tokoh-tokoh serta pembina bulu tangkis sat itu, seperti: Basrul Jamal, Nafsirin, Oey Hok Tjoan, Kusumayadi, Sanyoto, Surono, Then Giok Soei  dan lain-lain.
Tiga tahun setelah PON I 1948 di Solo, maka wadah organisasi nasional yaitu pada tahun 1951 baru terbentuk dengan nama “Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia” disingkat PBSI dengan ketua umum Sudirman yang menjabat posisi tersebut lebih dari dua dasa warsa. Dan berkat kerja keras dari para tokoh pembina dan pelatih serta masyarakat Indonesia yang telah mendarah daging dengan bulu tangkis  maka tujuh tahun kemudian Piala bergengsi Thomas Cup berhasil diboyong ke Indonesia, yaitu pada 1958 di Singapura.
 
Permainan bulutangkis menggunakan shuttlecock dengan ukuran sbb :
1.    Berat antara 4,75-5,50 gr
2.    Jumlah bulu 14-16 helai yang panjangnya antara 4-70mm
3.    Bulu ditancapkan pada gabus bergaris tengah 25-28mm
4.    Garis tengah bulu bagian atas 54mm

TEKNIK-TEKNIK DASAR
1. Pegangan Raket
Teknik pegangan raket pada setiap pemain tidak ada batasan atau peraturan tertentu, namun berdasarkan ciri khas seorang pemain maka cara memegang raket dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu:
·         Pegangan gebuk kasur (English Grip)               
·         Pegangan campuran                                                                    
·         Pegangan kapak (American Grip)                                   
·         Pegangan backhand
2. Servis
Penyajian bola pertama kali dalam bulu tangkis disebut servis,  walaupun penyajian tetapi tehnik ini juga merupakan salah satu usaha mematikan lawan agar mendapatkan angka. Dengan demikian bila lawan tidak dapat menggembalikan servis maka penyaji akan mendapatkan angka.
Service dalam bulu tangkis dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah:
Teknik dasar servis ada 3 macam :
a.    Teknik dasar servis panjang forehand
b.    Teknik dasar servis pendek forehand
c.    Teknik dasar servis pendek backh
Macam – Macam Pukulan
Jenis pukulan pada bulu tangkis pada umumnya dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu:
Pukulan Forehand, Pukulan forehand terdiri dari:
·         Forehand di atas  kepala               
·         Forehand chop
·         Forehand datar                               
·         Forehand lob
·         Forehand smash                            
·         Forehand silang
Pukulan Backhand, pukulan backhand terdiri dari:
·         Backhand di atas  kepala              
·         Backhand chop
·         Backhand datar                               
·         Backhand lob
Pukulan Net
Pukulan net disebut juga permainan net, artinya memainkan bola di dekat net dengan pukulan-pukulan pelan dan bola harus melewati net. Penempatan bola di lapangan lawan semakin dekat dengan net semakin baik, karena lawan akan semakin sulit untuk mengembalikan bola

1 komentar:

raelinmacartney mengatakan...

Betway App - JAMHub
Betway App 울산광역 출장안마 The 창원 출장샵 Betway app allows you to make a deposit with the online 익산 출장안마 sports betting 김천 출장안마 Betway offers the 광명 출장마사지 most reliable and convenient banking